Bisnis

Puding Tart dengan Topping Buah Segar dan Warna Cerah Jadi Favorit

Tren baru selalu mengundang banyak pemain ikut terlibat. Begitu juga dengan tren puding tart. Kehadiran pemain baru mendorong munculnya persaingan pada bisnis ini. Para pemainnya harus terus berinovasi. Supaya pasar tak berpaling, mereka harus rutin mengeluarkan varian puding tart baru. Baik dari kreasi model dan warna maupun bahan baku yang berkualitas.

RAGAM kreasi puding dekoratif berbentuk tart atau yang biasa disebut puding tart tak hanya mendatangkan peluang usaha, tapi juga persaingan. Yohanes Hariyanto, pemilik Puding Surabaya tak menampik jika makin banyak pelaku usaha yang terjun ke bisnis puding tart. Ia mengatakan, di Surabaya sendiri, bisnis puding tart mulai tren sejak dua tahun lalu. Banyak pemain yang mengambil ceruk bisnis ini. “Persaingan sudah pasti ada, tapi tinggal bagaimana tiap pelaku usaha punya inovasi dalam bisnisnya.

Selain rasa, inovasi produk itu sangat penting kalau dalam bisnis kuliner, khususnya bisnis dessert,” kata Hari. Agar tetap unggul dalam persaingan, Hari mengungkapkan, dirinya rutin mengeluarkan varian puding tart baru setiap empat bulan sekali. Ia menjamin, jika kreasi varian puding buatannya hanya ada di Puding Surabaya (limited edition). Beberapa varian puding tart buatan Puding Surabaya yang menjadi favorit konsumen, antara lain budino piaza, trio layer, dot dot, dan strawberry fruity. Bicara soal tren puding tart, Hari mengatakan, saat ini puding tart dengan kombinasi buah dan puding tart dengan lapisan puding aneka rasa (layer puding) paling banyak diminati pembeli. Sedangkan untuk warna, ia bilang puding yang memiliki warna – warna cerah seperti merah muda, kuning, merah dan oranye masih jadi favorit. “Membuat inovasi puding tart ini tidak berbeda jauh dengan membuat cake tart.

Kombinasi warna dan bahan itu jadi kuncinya. Kalau cake tart saja bisa saja versi premium, puding tart juga bisa dibuat premium,” tuturnya. Selain puding tart dengan warna cerah, Hari juga mengatakan puding cokelat juga masih jadi pilihan utama konsumen. Masih banyak yang menyukai puding jenis ini, karena rasa cokelat adalah rasa yang aman untuk semua. Senada dengan Hari, Telly Indrawaty, pemilik Gloria Puding Jogja juga menuturkan jika warna-warna cerah banyak digemari konsumen saat ini.

Puding tart dengan tulisan timbul yang menempel di atasnya juga masih jadi favorit konsumen. Puding tart dengan topping buah segar yang menempel di atasnya juga termasuk deretan favorit pelanggan. “Yang banyak dipesan itu biasanya puding yang atasnya ada buah-buahan segar sama yang ada tulisan timbul happy birthday. Kombinasi keduanya, buah dan ada tulisan timbul juga banyak dipesan,” kata Telly. Berbeda dengan Hari yang sudah membuat varian produk tetap, Telly justru memilih membuatkan puding tart sesuai permintaan konsumen. Konsumen bebas menentukan model puding tart sesuai dengan seleranya. “Untuk motif dan bentuk, semua konsumen yang menentukan, biar puding tartnya ada personal touch. Saya usahakan untuk buat semirip mungkin dengan permintaan konsumen,” ujarnya.