Tips

Tips Memilih Lemari Pendingin

Tips Memilih Lemari Pendingin – Kini kebutuhan untuk memiliki lemari pendingin atau yang sering juga kita sebut kulkas, semakin meningkat. Permintaan akan kulkas berasal dari berbagai kelas sosial. Maka tak heran jika perusahaan elektronik yang melihat komoditas ini sebagai lahan basah.

Dari fenomena tersebut, kita harus turut berhati-hati ketika hendak melakukan pembelian terhadap sebuah kulkas. Jangan sampai anda rugi hanya karena termakan oleh pemasaran kulkas yang produksinya asal-asalan. Maka ada beberapa cara untuk memilih kulkas yang tepat.

tips memilih lemari pendingin

5 Tips Memilih Lemari Pendingin Terbaik

  1. Volume dan Dimensi

Saat pertama memilih kulkas, kapasitas ruang kulkas merupakan hal yang terpenting. Pilih lemari pendingin yang sesuai dengan  kebutuhan anda. Hindari membeli kulkas yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Kemudian, dimensi kulkas juga harus diperhatikan. Anda juga harus mempertimbangkan apakah kulkas seukuran yang hendak anda beli sesuai dengan rumah anda. Jangan sampai kulkas yang anda beli hanya membuat rumah anda semakin sesak.

  1. Mutu dan Kualitas

Percuma saja jika memiliki kulkas besar dan desain bagus jika bodi kulkas mudah berkarat atau engselnya cepat aus, belum lagi jika mesinnya bobrok. Maka sangat dianjurkan jika anda membeli kulkas dari perusahaan yang memang sudah ternama dan bonafit.

Kemudian perhatikan juga material yang digunakan pada seluruh bodi kulkas. Lalu cek pula bagian bawah, yakni bagian kaki penopang kulkas dan engsel pintu. Anda harus memeriksanya dengan jeli. Karena apabila bagian tersebut rusak, meskipun mesin pendingin masih bagus, kulkas sudah tak layak digunakan.

Baca juga : Manfaat genset dalam kehidupan

  1. Teknologi Pendingin

Pada pintu kulkas biasanya terdapat label bergambar bintang. Ada yang berjumlah 3 ada pula yang berjumlah 5. Maksud dari hal tersebut merupakan, kulkas dengan label bintang 3 biasanya menawarkan kemampuan pendingin hingga -150°C. Sedangkan kulkas dengan bintang 5 menawarkan kemampuan pendingin hingga -210°C.

  1. Garansi

Garansi atau jaminan setelah pembelian merupakan hal penting bagi semua alat elektronik termasuk kulkas. Pastikan garansi yang anda dapat ketika membeli kulkas merupakan garansi resmi dan tanyakan pula cara klaim garansi tersebut jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kenapa garansi penting? Karena dapat meminimalisir kerugian yang bisa anda terima ketika membeli sebuah alat elektronik.

  1. Konsumsi Listrik

Selain hal-hal di atas, sesuaikan pula kulkas dengan konsumsi listrik rumah anda. Pilih kulkas yang menawarkan teknologi pendingin hemat energi. Sehingga tagihan listrik rumah anda tidak melonjak ketika memiliki kulkas tersebut.

Kemudian, kulkas merupakan salah satu alat elektronik yang membutuhkan konsumsi listrik besar. Maka anda bisa mempertimbangkan untuk memiliki genset. Terlebih lagi jika anda sedang memulai usaha dengan mengandalkan bagian freezer pada kulkas. Saat ini sudah banyak yang jual genset murah di Surabaya.

Selain genset, mungkin anda juga bisa mempertimbangkan untuk memiliki mesin diesel. Saat ini yanmar sedang menguasai pasaran. Maka tidak ada salahnya jika anda tertarik dan mencari tempat jual genset yanmar open harga terjangkau.