Genset

Tips Dalam Memilih Genset Diesel Yang Bagus

Tips Memilih Mesin Genset Diesel – Generator listrik atau biasanya yang disebut dengan genset merupakan salah satu alat pembangkit listrik saat terjadi pemadaman listrik dari PLN. Setiap genset mempunyai type mesin yang berbeda-beda, dan voltase yang di hasilkan pun juga tergantung pada generator dan mesin yang digunakan. Genset yanmar di kenal dengan genset dengan harga terjangkau dan memiliki suara mesin yang halus.

Setiap genset ada yang menggunakan bahan bakar dari solar dan bensin. Genset diesel merupakan salah satu jenis genset yang menggunakan bahan bakar solar. Distributor jual genset diesel di Surabaya merupakan salah satu distributor terdekat di daerah surabaya, tentunya salah satu distributor genset ada yang jual genset yanmar 5 KVA.

Cara Memilih Genset yang Bagus 

Sebelum membeli genset setidaknya perhatikan terlebih dahulu genset yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak asal dalam membeli genset tanpa mengetahui type, merk, dan jenis genset yang akan digunakan.  Genset diesel atau genset bensin merupakan dua jenis genset yang sama namun hanya memeliki perbedaan pada sistem kerjanya saja.

Lalu lebih baiknya genset diesel atau genset bensin sebenarnya ? keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sama, namun lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan saja dalam membeli. Berikut beberpa hal yang perlu di ketahui sebelum membeli genset :

Pilih bahan bakar yang sesuai

Jika di lihat dari bahan bakar yang digunakan tentunya lebih murah menggunakan mesin diesel. Bukan hanya itu saja, menggunakan mesin diesel di nilai cukup menghasilkan energi lebih tingggi di bandingkan menggunakan mesin bensin, oleh karena kebanyakan peralatan berat lebih memilih menggunakan mesin diesel yang berbahan bakar solar.

Perawatan mesin diesel memang dikenal memiliki harga yang mahal, tetapi saat ini mesin diesel ini sudah dikemas dengan mesin diesel modern untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga diesel modern ini tidak lagi memerlukan perawatan mesin yang harganya mahal dan mengurangi suara bising ketika mesin di nyalakan.

Mesin diesel ini juga dikenal memiiki mesin yang lebih kuat di bandingakan dengan mesin yang berbahan bakar bensin. Mesin diesel ini tidak memiliki busi seperti halnya mesin diesel, sehingga ketika di nyalakan tidak terlihat percikan api yang keluar dari mesin. Mesin diesel juga memiliki umur yang lebih panjang di bandingkan dengan mesin bensin. Hal ini karena mesin diesel tidak mudah panas, sedangkan mesin bensin mudah terkena panas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan daya Listrik

Sebelum membeli genset sebaiknya harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan akan daya listrik baik di rumah, kantor,tempat kerja, toko dan lain-lain. Menghitung jumlah watt yang dibutuhkan dan berapa Kwh daya listrik merupakan hal yang penting, karena apabila tidak sesuai dengan kebutuhan generator lsitrik tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Setelah mengetahui berapa jumlah watt dan Kwh yang di butuhkan, bisa memilih genset yang menggunakan output daya yang lebih besar dari jumlah konsumsi daya listrik yang di butuhkan oleh alat elektronik